Fakta Harddisk Komputer

Posted by


Semua pemakai komputer pasti memiliki harddisk didalamnya, salah satu komponen penting untuk komputer bekerja, kita bahkan tidak terlalu peduli tentang cara kerja harddisk, adapun fakta tentang harddisk yang perlu kita ketahui:

Head baca/tulis tidak pernah menyentuh piringan disk.

Ini adalah fakta, anda mungkin mengetahui hal ini. head harddisk tidak akan pernah menyentuh piringan disk, apakah itu waktu proses baca/tulis berlangsung. Kenapa? karena piringan berputar pada kecepatan yang tinggi, dan head harddisk sering beralih dari satu sisi ke sisi yang lain dan ke track yang berbeda. jika head baca/tulis seandainya menyentuh piringan, bisa dibayangkan pengikisan yang akan terjadi. akan merusak baik itu head maupun piringan disk.

Head baca/tulis akan menyentuh piringan disk.

Kenapa bisa? ini adalah fakta lagi, kepala disk akan menyentuh piringan disk jikalau harddisk dimatikan mendadak tanpa shutdown, sehingga bila dihidupkan lagi komputer maka head akan menggesek permukaan piringan, dan mengakibatkan kerusakan piringan disebut bad sector.

Bila di shutdown, head akan kembali ke posisi netral diluar piringan hardisk

Jarak antara head baca/tulis dan piringan adalah sebesar 40 atom tingginya. (perkiraan 1 ْ A = 0.0000001 mm)

Ya. Itulah cara menutup kepala datang untuk menyentuh permukaan disk. Sekitar 3 nanometer. Itu lebih kecil daripada bakteri atau virus. Kepala baca / tulis juga sangat kecil – lebar kurang dari 100 nanometer dan ketebalan sekitar 10, dan terbang di atas piring pada kecepatan sampai 15.000 RPM.



Demo Blog NJW V2 Updated at: 22:45

0 comments:

Post a Comment